Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaWindowsCara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk Dan Flashdisk

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk Dan Flashdisk

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk Dan Flashdisk, Its Work! – Pernah mengalaminya? Yap, terkadang ada beberapa kesalahan kecil yang membuat kamu tanpa sengaja menekan tombol delete dokumen. Padahal, dokumen tersebut sifatnya begitu penting.

Terburu-buru ketika mengerjakan sesuatu juga dapat menjadi alasan. Pikiran yang tak fokus hingga menggerakkan anggota tubuh, dan justru melakukan kesalahan. Tapi tenang, kali ini admin bakalan kasih kamu penjelasan yang cukup menarik buat di kulik.

Yakni, Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk maupun flashdisk. Yang tentunya kamu butuhkan jika suatu saat hal ini terjadi. Atau bahkan, sekarang sedang kamu alami. Siap menyimak sobat! Yuk, meluncur!

Buktikan! Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk maupun flashdisk Paling Efektif

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah diatas, tak perlu panik. Berikut beberapa langkah untuk mengatasinya. Salah satunya ialah melalui aplikasi bernama Recuva. Namun, sebelumnya simak dulu yuk serba-serbi aplikasi ini.

Apa Itu Recuva

Recuva merupakan software yang dapat kamu pergunakan untuk mengembalikan sejumlah file yang hilang. Aplikasi ini ditengarai juga mampu membuat recycle Bin yang telah dikosongkan kembali ke format semula. Selain itu, aplikasi ini bisa dipakai untuk; flashdisk, hardisk, kamera digital, MP3 player hingga kartu memori. Bahkan, disebut-sebut mampu mengembalikan dokumen yang telah terhapus oleh crash, bug maupun virus.

Suatu perangkat kendati memiliki beberapa keunggulan. Pastilah juga mempunyai minus di sejumlah bagian. Pun dengan Recuva ini, lantas apa sajakah plus – minus aplikasi ini?

Keunggulan Recuva

  • Flesksibel, karena saat dipakai untuk berbagai media
  • Kemampuan mengembalikan  dokumen di hampir semua jenis. Misalnya saja, musik, foto, dokumen bahkan juga email. Secara aman, mudah juga cepat
  • Untuk email, Recuva mampu mengembalikan dokumen yang terhapus kedalam format zip. Misalnya saja Outlook Ekspress.zip.
  • Fitur Quick Star Wizard nya disebut-sebut efektif sebagai cara mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk, flashdisk dan yang lainnya.
  • Mampu mengembalikan  data Microsoft Word, khususnya yang belum sempat tersimpan. Yakni, dari temporary yang telah ter-create.
  • Tersedia versi portable yang memungkinkan kamu untuk memakai software ini. Tanpa harus mengunduhnya.
  • Fitur Deep Cleaning yang ampuh mencari dokumen yang hilang secara cepat dan akurat. Tapi, kecepatan proses scanning ini biasanya tergantung dari seberapa besar kapasitas hardisk.
  • Adanya fitur hapus dokumen secara permanen. Hal ini biasa digunakan untuk menghindari pihak lain mengakses ulang dokumen yang telah kamu hilangkan.
  • Dapat dimanfaatkan dih lori seluruh versi, mulai dari windows 2000, 2003, XP, Vista, 2008 hingga windows 7

Kekurangan Recuva

  • Kurang optimal mengembalikan dokumen yang telah terhapus di hardisk yang terhormat
  • Fitur gratis seringkali menyebabkan beberapa fungsi tak berjalan dengan baik. Misalnya saja dalam hal pemulihan dokumen yang telah dihapus.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Sebelum mengoperasikan  software ini, pastikan kamu telah mengunduhnya ya. Jika belum punya langsung saja download segera.

  • Login ke dalam menu wizard dari Recuva
  • Anda dapat memilih atau melewati opsi “Do not show this wizard on startup”. Namun, sebagai saran, ada baiknya klik saja pilihan ini, kemudian klik next
  • Tekan type file yang akan kamu kembalikan. Jika kamu lupa apa tipe dokumennya, pilih saja All type. Agar seluruh data yang telah terhapus mampu dihadirkan kembali listnya. Namun, biasanya akan menambah rentang waktu scanning yang kamu lakukan.
  • Selanjutnya pilih opsi next
  • Setelah itu, akan ada tampilan form guna memilih lokasi dokumen yang telah terhapus dan ingin kamu kembalikan. Setelah itu, klik lagi pilihan next
  • selanjutnya ialah, jalankan program Recuva. Jika kamu memilih opsi Enable Deep Scan, secara otomatis software akan mencari dokumen yang terhapus lebih rinci. Namun, konsekuensinya adalah scanning menjadi lebih lama.
  • Selanjutnya ialah menunggu proses scanning
  • Jika telah ada tampilan list daftar dokumen yang ingin kamu kembalikan, klik mana saja yang menjadi tujuan Anda. Dan tap opsi Recover dibagian kanan bawah
  • Biasanya setelah ini, kamu akan diminta memilih lokasi untuk recovery dokumen. Usahakan lokasinya berbeda dengan lokasi hasil scanning, kemudian tekan OK
  • Setelah berhasil, cek kembali apakah dokumen yang kamu inginkan sudah berada di tempat semula, mudah bukan?

Aneka Fitur Recuva

Software canggih ini juga memiliki banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan lho. Seperti;

  1. Mampu me recovery dokumen musik yang berada di iPod
  2. Saat mengembalikan sejumlah dokumen dari media penyimpanan. Baik yang terhormat atau rusak
  3. kemampuan untuk merecovery email yang sudah terhapus. Misalnya saja pada mail client seperti, windows Live mail, Mozilla Thunderbird hingga Outlook Express
  4. Dapat memulihkan dokumen Microsoft Word saat terjadi yang atau crash, jika komputer mendadak mati
  5. Tersedia fitur preview atas dokumen yang ditemukan, utamanya untuk dokumen berupa gambar
  6. Fasilitas Deep Scan untuk pencarian dokumen yang terhapus secara lebih dalam.

Advanced Mode Pada Recuva

Ada software ini juga disediakan beberapa opsi mode advanced yang cukup menarik. Advanced mode ini merupakan salah satu pilihan yang bisa kamu atur pada bagian Secure Over writing. Yang mana memberikan opsi pilihan mulai dari simple over writing atau 1Pass, sampai 35 Pass atau Gutman. Sementara di bagian pilihan actions akan ada tampilan opsi scanning method lengkap dengan modus pemulihannya.

Apa Perbedaan Recuva Dengan Recycle Bin

Pertanyaan ini sering lain terjadi ya sobat. Pasalnya dua metode ini memiliki kemiripan. Lantas apakah perbedaannya?

  • Recuva memang mengembalikan hampir seluruh dokumen yang telah terhapus, dimanapun ia berada. Sedangkan Recycle Bin hanya mampu me-restore dokumen yang ada didalamnya saja
  • Recycle Bin tak mampu mengembalikan  dokumen ketika crash terjadi, sedangkan Recuva mampu
  • Fitur hapus file secara permanen, yang mana tak bisa dilakukan boleh Recycle Bin. Fitur ini akan sangat berguna ketika nantinya komputer atau perangkat lain akan kamu jual. Hal ini mampu mengurangi resiko dokumen disalahgunakan oleh pihak ketiga. Telebih jika dokumen-dokumen tersebut bersifat penting maupun urgent.

Sayangnya, Recuva hanya mampu digunakan pada platform Windows. Kendati telah mencakup versi yang lebih luas.

Merecovery dokumen yang di hapus sengaja atau tanpa sengaja bisa menjadi hal yang begitu penting. Umumnya hal ini bisa terjadi karena kesalahan dari komputer juga kamu sendiri. Namun, melalui aplikasi ini kamu bisa tenang. Terlebih Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk dengan recuva dapat diandalkan. Cobain sekarang yuk! Dan dapatkan kembali dokumen kamu yang telah terdelete.

Zemrohhttps://zemroh.com
Bismillah Sukses
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments